Pernahkah kamu menonton film Disney yang berjudul Littel Mermaid? Kisah mengenai putri duyung yang ingin mengetahui dunia manusia. Jika belum menontoh atau bahkan melum mengetahui tentang kisahnya, kami peringatkan artikel ini mengandung spoiler!

Pertama, mari berkenalan dengan Ariel. Ariel merupakan putri duyung yang berusia 16 tahun. Putri duyung satu ini tidak puas dengan kehidupan yang ada di bawah laut dan selalu berusaha untuk mencari tahu tentang dunia manusia.

Namun hal ini ditentang oleh Ayahnya, raja Triton, dan penasehat kerajaan bernama Sebastian si Lobster karena hubungan antara manusia dan duyung merupakan hubungan yang dilarang. Tapi Ariel tetap melakukan kebiasaannya untuk mengumpulkan artefak manusia dan juga pergi ke scuttle burung camar untuk menanyakan pengetahuan yang ia rasa akurat tentang dunia manusia.

Ariel sangat ingin untuk menjadi bagian dari manusia, Sebastian meyakinkannya kalau hidup di bawah laut lebih baik jika dibandingkan di darat bersama para manusia.

Pada suatu ketika, Ariel bersama dengan sahabat baiknya yang bernama Flounder melakukan perjalanan ke permukaan laut. Disana mereka hendak nenyaksikan sebuah perayaan pesta ulang tahun. Perayaan itu merupakan perayaan ulang tahun sang pangeran tampan bernama Erik.

Saat melihat Erik, Ariel jatuh cinta padanya. Namun tiba – tiba badai datang dan membuat semua orang menyelamatkan diri, namun pangeran Erik yang berusaha mengambil kembali anjingnya yang bernama Max masih terjebak di kapal.

Erik yang hampir tenggelam akhirnya diselamatkan oleh Ariel. Saat terbangun, Eric memiliki kesan samar – samar terhadap Ariel. Yang ia ingat hanyalah suara indah milik Ariel dan berusaha mencari siapa pemilik suara indah itu.

Ariel pun mencari cara agar ia bisa hidup bersama dengan Erik. Triton menyadari kalau perilaku anaknya berubah, ia bertanya tentang apa yang terjadi dengan Ariel. Sebastian menyatakan kalau Ariel sedang jatuh cinta kepada manusia. Hal itu membuat Triton murka dan menghancurkan artefak manusia yang sudah dengan susah payah Ariel kumpulkan dengan menggunakan trisula miliknya.

Ariel bersedih, hal ini dimanfaatkan penyihir jahat Ursula untuk memanfaatkan keadaan. Kedua anak buahnya, sepasang belut listrik bernama Flotsam dan Jetsam, meyakinkan Ariel untuk mengunjungi penyihir lautan karena disana Ariel akan dapat mewujudkan keinginannya.

Akhirnya Ariel bertemu dengan si penyihir laut bernama Ursula ini. Ursula membuat sebuah kesepakatan dengan Ariel untuk dapat mengubah dirinya menjadi seorang manusia selama 3 hari. Namun dalam 3 hari ini Ariel harus mendapatkan ciuman dari cinta sejatinya.

Untuk mendapatkan kakinya, Ariel harus menyerahkan suara indahnya. Suara itu terperangkap pada cangkang milik Ursula yang ia kenakan sebagai liontin.

Akhirnya ekor Ariel berubah menjadi kaki, dan ia diseret kepermukaan oleh sebastian dan Flounder. Ariel ditemukan oleh Erik dan Max di pantai. Awalnya Erik curiga kalau Ariel merupakan gadis yang menyelamatkannya, namun kecurigaannya sirna saat mengetahui Ariel tidak bisa berbicara.

Akhirnya Erik membawa Ariel ke istana dan disana mereka menghabiskan waktu berdua. Hingga suatu ketika mereka hampir berciuman di atas sebuah kapal kecil, namun digagalkan oleh Flotsam dan Jetsam.

Karena Ursula yakin kalau Ariel hampir berhasil, ia akhirnya meyamar menjadi seorang wanita muda cantik bernama Vanessa dan menggunakan suaranya untuk menipu pangeran. Pangeran pun tertipu, ia akhirnya akan menikah dengan Ursula yang menyamar menjadi Vanessa itu.

Hingga pada hari pernikahan, kekacauan terjadi karena Triton yang mengetahui rencana busuk Ursula akhirnya datang dan mencoba menghadapi Ursula. Setelah semua perperangan yang ada, akhirnya Ursula pergi.

Triton yang melihat ketulusan cinta antara Ariel dan Erik akhirnya menyetujui hubungan mereka. Pada akhirnya mereka melangsungkan sebuah pernikahan yang menyatukan duyung juga manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *