Disney memang memiliki beragam film yang berhasil melekat di jiwa kita, salah satu film yang hingga kini masih menjadi favorit banyak orang adalah Lilo & Stitch. Film ini sendiri merupakan salah satu film yang menjadi pelopor film Disney dengan set waktu serta tempat pada era modern. Lilo & Stitch mengisahkan tentang persahabatan antara Lilo, si gadis kecil yatim piatu yang hanya tinggal dengan kakaknya, dan Stitch, si Alien yang turun ke bumi.

Film ini merupakan film yang tergolong unik kalau dibandingkan dengan film Disney lainnya, karena meski hanya berupa film tanpa sequel, film ini masih terus diingat banyak orang. Selain itu kisah yang dibawakan tampak lebih nyata jika dibandingkan dengan film – fim Disney lain jika kita mengenyampingkan keberadaan Stitch si Alien. Film ini juga menjadi film animasi pertama yang memiliki latar belakang di Hawai.

Ada banyak orang yang mempertanyakan sebenarnya Stitch itu tampak seperti apa. Apakah ia anjing, atau koala. Namun sebenarnya Sticth ini merupakan binatang eksperimen para Alien, dan saat ia turun ke bumi juga diawasi oleh 2 alien jenaka.

Lilo & Stitch mengisahkan tentang Dr. Jumba Jookiba, seorang ilmuan jenius yang mengaku jahat, melakukan eksperiman genetika secara ilegal. Ia membuat eksperimen 626, seekor monster yang diprogram untuk dapat menghancurkan dan mustahil untuk dihancurkan.

Namun Jumba mendapatkan hukuman penjara, lalu eksperimennya, 626, mendapatkan pengasingan ke sebuah asteroid. Saat sedang diangkut, 626 melarikan diri dengan pesawat yang menuju ke Bumi secara diam – diam.

Ketika tiba di Bumi, 626 tidak sengaja tertabrak oleh pengendara truk dan pingsan. Setelah itu sopir truk tersebut membawa 626 ke tempat penampungan anjing liar karena mengiranya seekor anjing.

Nah, pada saat yang tepat, Nani, memperbolehkan adiknya, Lilo, untuk memelihara seekor anjing. Hal ini karena Nani mendengar doa Lilo saat ia menginginkan seorang sahabat. Lilo dan Nani merupakan kakak-adik yatim piatu yang hanya tinggal berdua. Lilo merupakan anak yang tidak memiliki seorang teman pun karena teman – teman sebayanya hanya menjadikan Lilo sebagai bulan – bulanan.

Ketika mereka ke tempat penampungan anjing, Lilo langsung menyukai 626. Gadis kecil ini langsung memberi nama anjing berkelakuan aneh itu dengan nama Stitch. Stitch kerap kali berusaha untuk mearikan diri, namun ia baru meyadari kalau sedang berada di sebuah puau yang dikelilingi laut. Stitch tidak dapat berenang, setiap kali ia tenggelam Lilo akan menolongnya.

Hubungan antara Stitch dan Lilo semakin kuat. Bahkan Sticth yang tadinya dianggap hewan peliharaan, lambat laun menjadi seorang sahabat yang sangat Lilo sayangi.

Kedua sahabat ini sempat juga dipisahkan karena kesalahpahaman, juga Jumba mengatakan pada Stitch kalau ia tidak akan pernah memiliki keluarga, itu karena eksperimen 626 diciptakan untuk menghancurkan.

Ada juga saat dimana Lilo terbawa oleh pesawat luar angkasa yang tadinya membawa Lilo dan Sticth, namun akhirnya Stitch berhasil untuk membebaskan Lilo.

Tadinya Stitch yang dipaksa untuk kembali ke tempat asalnya, akhirnya Councilwoman, yang bertanggungjawab akan semua ini, ia merasa tidak tega untuk mengajak Stitch kembali. Apalagi Stitch sudah dapat berbicara dan akrab dengan Lilo juga Nani.

Saat mereka hendak membawa Stitch, Lilo menunjukkan bukti kepemilikannya akan Stitch. Itu membuat banyak penonton terharu akan hal yang Lilo lakukan. Setelah itu Councilwoman menyatakan kalau Stitch akhirnya diizinkan untuk tinggal bersama dengan manusia di Bumi.

Tertarik menonton kisah petualangan antara Lilo dan Sticth?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *