Moana, sebuah karya dari Disney yang bisa dikatakan sama sekali tidak mengecawakan. Film Disney satu ini sangat penuh dengan pesan moral dan tentunya menginspirasi.

Disney membuat film ini sangat berisi dan membuat kita terhibur dengan yang ditampilkan. Selain itu film ini juga dapat dinikmati oleh semua kalangan, semua umur. Tidak seperti film Disney Princess yang menyuguhkan kisah percintaan, di Moana mereka menyuguhkan perjuangan seorang gadis pemberani yang menaklukan laut.

Dikisahkan, seorang gadis berusia 16 tahun bernama Moana yang selalu penasaran dan juga tertarik untuk dapat mengarungi lautan, Namun panggilan alam yang ia rasakan itu tidak pernah disetujui oleh ayahnya, Chief Tui.

Hal ini dikarenakan oleh kejadian di masa lalu yang membuat ayahnya tidak ingin Moana tertelan oleh luasnya lautan.

Namun pada suatu ketika, Moana merasa terdesak untuk mencoba mengarungi lautan luas itu. Hal itu dikarenakan kondisi rakyatnya dan pulau sedang dalam keadaan sekarat. Kelapa tidak menghasilkan buah yang bagus, ikan di laut menghilang, dan penduduk kebingungan harus bagaimana.

Menurut cerita rakyat yang neneknya ceritakan, semua itu dikarenakan sekaratnya Te Fiti, sang dewi pencipta kehidupan karena jantungnya dicuri. Jantung Te Fiti di curi oleh manusia setengah dewa yang bernama Maui. Jantung yang berupa spiral berwarna hijau itu jatuh di tengah laut, lalu menghilang.

Hingga suatu ketika jantung itu muncul di tempat yang dekat dengan pulau Matunui, tempat tinggal Moana. Moana merasa terpanggol untuk menemukan Maui dan juga meminta pria bertubuh besar itu mengembalikan jantung itu ke Te Fiti agar kehidupan mereka kembali membaik.

Selama film berjalan, kita akan melihat bagaimana Moana bergelur dengan batinnya untuk bisa mencari jati dirinya. Hal ini karena ia tidak merasa cocok untuk menjadi pemimpin rakyatnya dengan berdiam diri pada sebuah pulau. Tapi ayahnya bersikeras untuk memaksanya tetap berada di pulau, jadi keinginan untuk mengarungi lautan sempat terhalang ayahnya.

Itu juga dianggap sebagai cara ia melindungi rakyatnya, wajar karena Moana merupakan kepala suku berikutnya dari pulau tersebut. Kita juga akan dibuat sebal saat melihat tingkah Maui, si manusia setengah dewa namun kehilangan kekuatan saat tongkat kailnya rusak atau bahkan hilang. Namun tokoh Maui ini menambah kelucuan dan sensasi menegangkan di film ini.

Maui dan tongkat kailnya ini cukup menjadi perhatian selama film. Maui-lah yang mengajari Moana cara berlayar, cara menentukan arah di laut, dan beragam hal lainnya. Namun sebaiknya, saat Maui kehilangan percaya diri, Moana yang menyadarkannya tentang diri dia.

Moana dan Maui menjadi dekat dan akhirnya, Maui yang tadinya terus menolak untuk menemui Te Fiti akhirnya setuju untuk ikut mengembalikan jantung itu ke pemiliknya.

Selain kisahnya yang menarik, hal lain yang patut diapresiasi adalah animasi yang luar biasa keren. Dengan gambaran hamparan laut yang terasa sungguhan, serta kehidupan yang nyata, membuat film ini semakin membuat penontonnya terhibur.

Musik yang ada di film yang disutradarai oleh John Msker dan Ron Clements ini juga lumayan memanjakan telinga. Lagu – lagu bikinan Manuel Miranda ini dinyanyikan langsung oleh para pengisi suaranya, seperti Dwane Johnson yang berperan sebagai Maui, dan Auli’l Cravalho yang berperan sebagai Moana. Lagu lagunya pokoknya akan membuat kita semakin menikmati jalannya film

Jika dilihat secara keseluruhan, wajar jika film ini merupakan salah satu film disney yang meraih pendapatan fantastis. Tertarik menonton Moana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *