Film Animasi Disney Adaptasi Dongeng Klasik

Walt Disney merupakan sebuah rumah produksi yang memiliki basis penggemar besar. Mereka memiliki banyak film yang dicintai oleh banyak orang. Karakter yang dihadirkan juga beragam dan menarik. Beberapa diantara kisah – kisah Disney ada, loh, yang diadaptasi dari kisah – kisah dongeng klasik.

Kisah – kisah klasik ini membantu Disney dalam melahirkan karakter ikonik mereka dan membuat karakter tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri. Namun, kisah – kisah yang diangkat Disney ini tidak selalu sama dengan kisah aslinya. Mereka melakukan remake agar menyesuaikan dengan target mereka.

Berikut ini adalah beberapa kisah yang diadaptasi Disney dari kisah dongeng klasik.

Disney dan Kisah Dongeng Klasik

1.Putri Salju (Snow White)

Putri Salju atau Snow White merupakan animasi pertama dari Disney yang diadaptasi dari kisah dongeng klasik. Dongeng yang dimaksud adalah sebuah kisah dari Jerman, mengenai seorang putri bernama Snow White. Kisah ini dituliskan oleh Grimm bersaudara.

Snow White merupakan seorang gadis yang memiliki paras cantik dan kulit putih bersih seperti salju. Karena iri dengan kecantikan yang Snow White miliki, sang ratu merasa iri dan marah. Ia lalu menyuruh seseorang untuk membunuh Snow White dan membawakan jantung dari gadis itu.

Tetapi karena yang disuruh tidak tega untuk membunuh Snow White, ia membiarkan Snow White pergi. Di tengah pelariannya, Snow White menemukan rumah kurcaci dan memutuskan tinggal sementara di sana.

Tetapi karena Snow White dan para kurcaci sudah merasa terikat, akhirnya mereka tinggal bersama dan saling mengandalkan.

Karena tahun Snow White masih hidup, sang ratu berusaha membunuhnya dengan cara menyamar jadi seorang nenek dan memberikan Snow White apel beracun. Meski demikain, animasi ini diakhiri dengan kembali bangunnya Snow White karena seorang pangeran yang menciumnya.

2.Cinderella

Di tahun 1950, Disney memproduksi sebuah animasi bernama Cinderella. Film ini merupakan adaptasi dari dongeng populer Eropa, yaitu Cendrillion, sebuah kisah yang dituliskan oleh sastrawan Prancis bernama Charles Perraults.

Cinderella digambarkan sebagai anak tiri dari ibu tirinya yang jahat. Ia memiliki dua saudari tiri yang juga ikut membuat dirinya menderita. Saat sedang bersedih kala dilarang datang ke pesta, ia bertemu dengan seorang peri yang membuat Cinderella menjadi lebih menawan. Tetapi sihirnya itu hanya bertahan sampai pukul 12 dan nantinya akan hilang.

Tetapi berbekal sepatu kaca yang Cinderella tinggalkan, akhirnya sang pangeran bisa menemukan Cinderella dan mereka hidup bahagia selamanya.

3.The Little Mermaid

Selanjutnya ada kisah sang putri duyung, Ariel. Kisah dalam dongeng ini merupakan karangan Hans Christian Adersen. Dalam versi animasinya, Ariel merupakan sesosok putri duyung yang sangat penasaran dengan dunia manusia. Ia bahkan rela mengganti ekornya dengan kaki manusia agar bisa bertemu dengan sang pangeran.

4.Beauty and the Beast

Beauty and the Beast merupakan sebuah animasi yang diadaptasi dari karya Jeanne Marie Leprince de Beaumont. Animasi ini berpusat pada seorang tokoh yang bernama Belle, seorang gadis yang rela menggantikan ayahnya untuk terkurung di sebuah kastil yang dijaga oleh monster.

Namun siapa sangka kalau akhirnya Belle dan Monster tersebut jatuh cinta. Nyatanya sang monster merupakan pangeran yang terkena kutukan dan akan kembali normal jika menemukan cinta sejatinya.

5.Aladdin

Terakhir adalah Aladdin, sebuah film animasi yang diadaptasi dari dongeng asal Timur Tengah di buku Kisah 1001 Malam. Mengisahkan tokoh bernama Aladdin yang merupakan pemuda sederhana dan hanya memiliki seekor monyet. Suatu ketika ia mendapatkan lampu ajaib yang ternyata berisi Jin pengabul 3 permintaan. Dengan 3 permintaan tersebut ia berusaha untuk membuat seorang gadis yang ia cintai jatuh cinta padanya.

Nah, itulah beberapa kisah yang diangkat dari dongeng klasik. Adakah yang merupakan dongen kesukaanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *